Senin, 23 Maret 2015

6 Jenis buah dan sayur yang justru bisa jadi racun bagi tubuh



Buah dan sayur merupakan jenis makanan sehat yang terbaik. Kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Itulah sebabnya banyak ahli kesehatan yang menyarankan Anda agar mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur.

Namun bagaimana jadinya jika buah dan sayur justru berpotensi jadi racun bagi tubuh? Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah jenis buah dan sayur yang mampu menurunkan kesehatan tubuh Anda.

Kentang hijau

Kentang merupakan sumber karbohidrat yang sehat. Namun Anda harus menahan diri untuk makan kentang telah berubah warna menjadi hijau. Sebab hal ini berarti bahwa kentang terkena sinar matahari yang terlalu lama yang kemudian menimbulkan munculnya solanin atau glycoalkaloid yang bisa menyebabkan sakit kepala, mual, lemas, dan masalah pencernaan.

Jamur liar

Jamur memang memiliki nilai gizi yang tinggi. Namun perhatikan jenis jamur yang akan Anda konsumsi. Jangan mengonsumsi jamur liar atau yang jenisnya tidak Anda ketahui sebab mampu membuat Anda keracunan.

Singkong

Singkong adalah umbi-umbian yang sarat kalori, mineral, serta serat. Namun jangan pernah mengonsumsi singkong yang masih mentah sebab mampu jadi racun bagi tubuh karena adanya glikosida sianogen di dalamnya. Sehingga penting bagi Anda untuk selalu merendam, mencuci, dan mengeringkan singkong terlebih dahulu sebab dapat menghilangkan racunnya.

Pala

Secara umum, pala bermanfaat sebagai obat alami untuk kesehatan Anda. Namun mengonsumsi pala dengan jumlah tinggi mampu membahayakan kesehatan Anda. Sebab pala mengandung myristicine, zat yang dapat menyebabkan muntah, pusing, halusinasi, dan sakit kepala.

Tomat

Tomat memang bermanfaat untuk mencegah kanker sebab kaya akan zat antioksidan. Tidak banyak yang tahu bahwa tomat mengandung atropin, zat beracun yang menyebabkan pusing, sakit kepala, dan sakit perut.

Ceri

Jangan tertipu dengan bentuknya yang indah. Sebab ceri mengandung glikosida sianogen, terutama dalam biji mereka, yang melepaskan sianida saat dikunyah. Oleh karena itu konsumsi dengan jumlah yang seperlunya saja.

Tidak banyak yang tahu bahwa makanan sehat di atas mampu membahayakan kesehatan Anda karena kandungan racun terselubung di dalamnya. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam mengonsumsinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar